Rabu, 14 Desember 2011

UI Masuk 30 Besar Universitas “Terhijau” di Dunia

Universitas Indonesia tahun ini kembali menggelar pemeringkatan perguruan terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus. Dalam pemeringkatan tahun ini, UI mejadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam urutan 30 besar.

Dalam siaran pers pengumuman UI GreenMetric of World Universities 2011, Rabu (14/12/2011), UI menduduki peringkat 22 dari 178 universitas di 42 negara yang mengikuti penilaian tahun ini. Posisi pertama kampus terhijau di dunia diduduki University of Nottingham, Inggris (skor 8.033,54), disusul Northeastern University, AS(7.981,46), dan University of Connecticut, AS (7.708,01) di peringkat ketiga.
Proses penilaian UI GreenMetric of World Universities 2011 dilakukan melalui korespondensi dan survei yang dilakukan secara online. Proses pemeringkatan dilandasi pada filosofi 3E , yakni environment, economic dan equity, dengan berbagai indikator penilaian, meliputi statistik kehijauan kampus (bobot 24 persen), pengelolaan sampah (15 persen), energi dan perubahan iklim (28 persen), penggunaan air (15 persen), dan transportasi (18 persen).
"Melalui hasil pemeringkatan UI GreenMetric, UI berharap dapat menjadi salah satu motor penggerak peningkatan kesadaran pentingnya menerapkan cara-cara terbaru untuk hemat energi, penggunaan air yang bijaksana, pengolahan limbah yang terencana, dan sistem transportasi yang ramah lingkungan," ungkap Rektor UI Prof. Gumilar R. Somantri pada pengumuman hasil UI GreenMetric 2011 di Perpustakaan Pusat UI, Kampus Depok dalam siaran persnya, Rabu.
Menurut Ketua Tim Pemeringkat UI GreenMetric 2011 Prof Riri Fitri Sari, UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota IREG (International Ranking Expert Group) Observatory yang berpusat di Belgia, dengan referensi dari US News Ranking, HEEACT rangking Taiwan, dan IHEP Washington DC. "IREG adalah lembaga yang penting karena IREG melakukan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia," tutur Riri.

Sumber : http://edukasi.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar