Selasa, 27 Desember 2011

Puluhan Rumah Rusak Parah Akibat Puting Beliung di Tegal

Tegal, Puluhan rumah di kelurahan Slorok Kecamatan Tegal Timur kota Tegal rusak parah akibat terjangan angin puting beliung, Selasa (27/12) malam. Sebagian di antaranya tertimpa pohon tumbang yang mengenai bagian atap dan sisi rumah warga. Tidak ada korban dalam peristiwa ini namun puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi , sementara aliran listrik di lokasi kejadian putus total.

"Peristiwa terjadi saat warga sedang berada di dalam rumah karena hujan lebat yang terjadi sejak sore, Namun tiba-tiba bertiup angin puting beliung yang diiringi suara berdengung.Dalam tempo kurang dari lima belas menit, puluhan atap rumah warga terlempar dan roboh. Sementara itu terdengar dentuman pohon tumbang yang mengenai beberapa rumah warga.Kami panik dan keluar rumah untuk menyelamatkan diri," kata Untung Kaino (52), warga yang sedang berada di lokasi kejaidan.

Warga berlarian keluar rumah, dan menuju tanah lapang untuk menyelamatkan diri, Sementara sebagian lainnya mengungsi ke tempat sanak keluarga dan tetangga yang selamat dari amukan puting beliung tersebut.

"Kami kira ada tsunami mas, karena bunyi dentuman pohon tumbang serta retakan ranting yang patah dan menimpa rumah membuat kami benar-banar panik," Ucap Suciwati (17) warga lainnya.

Hingga kini warga masih bergotong-royong membersihkan puing-puing reruntuhan atap dan bangunan sisi tembok akibat terjangan puting beliung tersebut. Sebagian besar rumah warga yang mengalami kerusakan adalah bangunan semi permanen yang terdiri dari bilik, seng dan bambu.

Data keluarahan Slerok menyebutkan, sedikitnya 25 rumah warga rusak , 17 diantaranya rusak parah. 18 pohon tumbang, sedangakan jaringan listrik lumpuh total.Pemerintah kota setempat saat ini juga masih melakukan pendataan terhadap korban puting beliung. Sementara sebagian warga masih enggan pulang ke rumah mereka karena takut angin puting ini akan berhembus kembali.

Sumber : detikNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar