Senin, 26 Desember 2011

TERIGU LONTONG KUPANG KHAS PASURUAN

Jangan tanya kekayaan kuliner di Indonesia. Mulai makanan yang lumrah hingga makanan dengan bahan dasar yang tidak biasa tersimpan menjadi kekayaan kuliner bangsa. Kekayaan kuliner tersebut juga memiliki cita rasa yang menggugah selera. Tak heran jika bangsa Indonesia begitu dimanjakan dengan beragam kuliner yang menarik untuk dicicipi. Salah satunya adalah Lontong Kupang khas Pasuruan.

Kupang pada dasarnya adalah biota laut sejenis kerang atau tiram kecil. Ukuran kupang terbilang kecil yakni sekitar 3 hingga 5 milimeter dengan warna coklat. Biasanya biota laut ini menempel pada tumbuhan laut dengan karakter pantai yang tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar. Biota laut ini mudah dijumpai di pesisir pantai utara Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, serta Pasuruan.
Mengolah kupang pun tidaklah sulit. Biasanya kupang dicuci bersih dan direbus bersama daun bawang dan bawang putih hingga matang. Setelah direbus dalam waktu yang cukup, cangkang kupang akan terlepas dengan sendirinya. Setelah itu, kupang akan berubah warna menjadi hitam setelah selesai dimasak.

Dibutuhkan beberapa proses lagi untuk membuat kupang lontong terutama bumbu. Bumbu yang disajikan berupa kuah (saus). Kuah yang digunakan sebagai rebusan dicampur dengan petis ala Jawa Timur yang terbuat dari pindang, kupang atau udang yang dipanasi hingga mengental seperti saus salad. Selain itu sensasi manis juga akan terasa karena memakai bahan karamel atau gula.
Setelah siap, kupang lontong pun disajikan. Pertama-tama bumbu tambahan seperti bawang putih dan cabe rawit digerus dalam wadah yang akan disajikan. Kemudian gerusan bumbu diencerkan dengan air rebusan kupang. Selanjutnya ditambahkan lentho atau sejenis panganan yang terbuat dari campuran singkong, kedelai, kelapa parut dan dibumbui dengan bawang putih, garam dan gula.
Kupang yang telah direbus matang pun dimasukan kedalam wadah tersebut lalu disiram dengan kuah petis yang kental. Tidak lupa dengan irisan lontong yang mendampingi kuliner ini sebagai pengganti nasi. Sebagai sentuhan akhir, tak lupa taburan bawang goreng diatas kuliner kupang lontong ini.
Rasanya tentu tak perlu diragukan lagi. Rasa manis dan asin berpadu lezat dengan kelembutan kupang rebus. Sementara potongan lontong dan bumbu racikan semakin menambah kelezatan kuliner ini. Sensasi gurih juga melekat lezat pada bumbu campuran kupang lontong ini. Tak heran begitu banyak penggemar yang rela mengantri untuk dapat mencicipi kupang lontong ini.
Kupang lontong memang memiliki keunikan tersendiri. Bahan dasar yang unik ditambah dengan kekayaan bumbu serta keahlian dalam mengolahnya membuat kuliner ini menjadi favorit banyak pecinta kuliner.sebagai kekayaan kuliner Indonesia, kupang lontong memang memiliki keunggulan dengan cita rasa serta kelezatan tersendiri.

http://palingindonesia.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar