Minggu, 11 Desember 2011

2 Lokasi Andalan Ekoturisme Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Di Provinsi Bengkulu terdapat dua lokasi ekoturisme andalan yakni Pusat Latihan Gajah Seblat dan Taman Buru Semidang Bukit Kabu.
Demikian disampaikan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya alam (BKSDA) Bengkulu Amon Zamora, Kamis (8/12/2011). Amon mengatakan, 80 persen jenis satwa di Sumatera ada di Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat seluas 6.865 hektar. "Di PLG Seblat ada gajah, harimau sumatera, tapir, beruang madu, dan lain-lain," katanya.
Selain fauna, PLG Seblat yang berstatus Hutan Produksi Fungsi Khusus itu menyimpan kekayaan flora khas Bengkulu yaitu Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia.
Adapun di Taman Buru Semidang Bukit Kabu seluas 9.036 hektar, kata Amon terdapat di antaranya harimau sumatera, macan dahan, kucing hutan. Taman buru yang masuk wilayah Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah ini juga menjadi habitat bunga bangkai (Amorphopallus sp).
Sayangnya, saat ini Taman Buru Semidang Bukit Kabu sudah banyak dirambah. Adanya jalan poros membelah kawasan dan keberadaan enclave Padang Capo memengaruhi kelestarian hutan di taman buru ini.
Begitu juga dengan PLG Seblat yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara. Selain perambahan, potensi batu bara di kawasan PLG menyebabkan banyak pihak yang berusaha mengalihfungsikan kawasan ini.

Sumber :  KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar