Selasa, 08 November 2011

Cuaca Buruk, Jadwal Penerbangan Kacau

YOGYAKARTA – Jadwal penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta kacau menyusul hujan deras yang mengguyur kota itu selama seharian sejak Minggu (6/11) malam hingga Senin (7/11) pagi.


Pengelola bandara bahkan sempat menutup pelayanan selama dua jam mulai pukul 07.22- 09.00 WIB. Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Isye Yuviana mengatakan, penutupan bandara untuk memberikan jaminan keselamatan penerbangan dan keselamatan penumpang. Sebab hujan deras sangat mengganggu jarak pandang. “Jarak pandang di runway (landasan pacu) hanya 1.000 meter dari jarak pandang minimal 1.200 meter,” kata Isye kepada SINDO,kemarin.

Isye menjelaskan, akibat penutupan tersebut ada lima pesawat yang tidak jadi mendarat di bandara ini. Dari jumlah itu, dua pesawat kembali ke bandara asal atau return to base (RTB) dan tiga pesawat mendarat di bandara terdekat.Dua pesawat RTB), yakni Air Asia dari Jakarta bernomor penerbangan QZ7556 dan Wings Air dari Surabaya. Sedang tiga pesawat yang dialihkan pendaratannya, yaitu Garuda (GIA 251) dari Bali mendarat di Surabaya, Batavia air (Y6-324) dari Balikpapan dan Lion Air (JT 554) dari Surabaya, keduanya mendarat di Solo.

“Bandara ini mulai dibuka kembali pada pukul 09.00 WIB, setelah cuaca kembali membaik,”katanya. Setelah bandara dibuka, penerbangan dari dan ke Yogyakarta kembali normal.Pesawat yang diberangkatkan pertama dari bandara adalah Lion Air JT 563 tujuan Jakarta. Pesawat ini diberangkatkan pukul 09.19 WIB. Disusul Sriwijaya (231) tujuan Balikpapan pada pukul 9.34 WIB dan pesawat-pesawat lainnya. Sebelumnya, Bandara Adisutjipto pada Minggu malam terpaksa ditutup lantaran lampu runway padam.Lampu runway baru hidup kembali Senin dini hari.

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar