Minggu, 11 Maret 2012

Menikmati Citra Rasa Indonesia di Lembah Alpen

Bern: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern belum lama ini mengandeng Tropenhaus (Rumah Tropis) mengelar festival makanan Indonesia di Desa Frutigen. Adapun lokasi festival berada di lembah pegunungan Alpen yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Kota Bern, Swiss.


Saat memasuki area Tropenhaus, para pengunjung merasakan seperti berada di daerah tropis. Suhu udara 25 derajat Celsius dengan kelembaban tinggi jelas sangat bertolak belakang dengan udara luar yang hanya sekitar lima derajat. Tropenhaus secara bersamaan menampilkan pameran "Why the Earth Warm". Ini adalah pameran yang menceritakan tentang geothermal energi sebagai energi hijau yang berkelanjutan dan juga banyak digunakan di Indonesia.

"Potensi kuliner Indonesia yang sangat besar ini berhasil memainkan peranan sebagai media promosi wisata dan kultur bangsa Indonesia," kata Penerangan, Sosial, Budaya (Pensosbud) KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Ahad (11/3).

Rumah Tropis tersebut memang bertujuan mengajak semua pengunjung merasakan suasana Indonesia di lembah pegunungan Alpen. Tanaman-tanaman seperti pohon pisang, pepaya, mangga, cabai merah dan anggrek yang bisa ditemui di sana turut memperkuat rasa Indonesia.

"Belum lagi dengan tanaman-tanaman yang biasa ditemukan di Indonesia seperti pohon pisang, pepaya, mangga, cabai merah, bahkan sampai kepada ratusan jenis anggrek," jelas Budiman.

Ada pula restoran di tengah kebun yang mengingatkan Tanah Air. Selama Maret ini di restoran itu disajikan berbagai macam menu Indonesia. Makanan yang disajikan pada gerai rumah makan kelas atas itu dihasilkan oleh Rumah Tropis.

Ada hidangan citra rasa masakan Indonesia seperti gado-gado, asinan pepaya muda, tumisan sayuran, krupuk udang, soto daging. Sebagai makanan utama, mereka menyajikan sate ayam, sate kambing, nasi goreng, nasi putih dan kwetiau goreng serta tumis sayur dengan daging.

Sumber : http://berita.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar