Kamis, 01 Maret 2012

KAI Luncurkan Kereta Ekonomi AC Yogya-Jakarta

PT Kereta Api Indonesia daerah Operasi VI Jawa Tengah-Yogyakarta kembali meluncurkan kereta api ekonomi ber-AC untuk yang kedua kalinya setelah pada tahun 2011 yang lalu di luncurkan Gajah Wong.

Kereta api ber-AC ke dua yang diluncurkan ini dinamakan Bogowonto yang dioperasikan perdana dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Senen, Jakarta. "Kereta ini sebelumnya melayani Kutoarjo-Jakarta, karena permintaan transportasi kelas ekonomi semakin banyak maka kami tarik ke Yogyakarta," kata Sinung Tri Nugroho, Kepala Daerah Operasi VI PT Kereta Api Indonesia Jawa Tengah-Yogyakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Dia menjelaskan, kereta api ekonomi ber-AC tersebut bertarif Rp125 ribu per tiket. Berangkat dari Yogyakarta pada 07.30 WIB dan sampai di Stasiun Senen Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB. Sebaliknya, kereta itu berangkat dari Stasiun Senen pada 18.30 WIB dan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 04.00 WIB.

"Kapasitas tiap gerbongnya adalah 80 tempat duduk. Meskipun kereta api kelas ekonomi, namun tidak seperti dulu, saat ini tidak diperbolehkan ada penumpang yang berdiri atau tanpa tempat duduk," paparnya

Lebih lanjut Sinung mengatakan, permintaan moda transportasi kereta api dengan biaya murah semakin tinggi. Maka dari itu, perlu ada tambahan kereta api terutama jurusan Jakarta yang nyaman tetapi lebih murah dibandingkan kelas bisnis maupun eksekutif yang harganya jauh lebih tinggi.

Sumber : http://nasional.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar