Jumat, 06 Januari 2012

Penyuluhan "Rumah dan Lingkungan Sehat"

Dampak pemanasan global atau kerusakan lingkungan patut menjadi perhatian khusus kita semua. Media cetak maupun media elektronik, kita melihat, dan mendengar mengenai kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara karena kendaraan bermotor, pencemaran lingkungan karena limbah industri dan rumah tangga, konversi hutan yang merusak lingkungan, perusakan hutan karena penebangan liar, dan lain sebagainya, yang tidak lain diakibatkan oleh aktifitas manusia. Isu pemanasan global menjadi semakin penting belakangan ini, karena berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia dimuka bumi ini.

Di Indonesia sendiri, efek itu sudah sangat terlihat seperti perubahan cuaca yang tak menentu, panas yang sangat menyengat, krisis air bersih, penyakit dimana-mana, musim hujan yang drastis tak berhenti-henti menyebabkan banjir dimana-mana, gelombang laut pasang di daerah Jakarta Timur dan dekat Bandara, krisis air bersih dan lain-lain.
Bencana alam yang sering terjadi dan pemanasan global (Global Warming) atas kerusakan – kerusakan lingkungan di bumi yang terjadi adalah karena tingkah laku manusia yang tidak memperhatikan pelestarian Lingkungan. Perilaku masyarakat yang selalu hanya memikirkan kepentingan masing-masing tanpa memperhatikan dampak lingkungan akan merugikan manusia sendiri baik untuk generasi sekarang maupun generasi mendatang.
Isu perubahan iklim saat ini merupakan isu yang perlu mendapat perhatian serius. Hal ini disebabkan oleh memburuknya     kondisi    lingkungan   di sekitar kita. Salah satu strategi yang dapat  dijalankan untuk mengurangi dampak tersebut adalah dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan di dalam setiap kegiatan baik kegiatan yang ada kaitannya dengan bangunan maupun kegiatan yang dimulai harus dimulai dari budaya hidup kita sehari-hari dan bagaimana kita kita menciptakan dan memelihara rumah dan lingkungan sehat. Kita semua secara sadar atau tidak sadar adalah penyumbang cukup besar terhadap kerusakan bumi, maka kita harus bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan alam dan berusaha untuk mengendalikannya.
Dalam rangka mengendalikan kerusakan lingkungan, dan juga menggugah masyarakat luas untuk ber- perilaku ramah lingkungan, menggugah kesadaran manusia pada umumnya agar bertanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan, sadar pentingnya lingkungan sehat. Dengan alasan tersebut maka Kami dosen-dosen Fakultas Teknik UPI YAI dalam menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi maka kami merasa perlu berbagi pengetahuan dalam rangka mengendalikan kerusakan lingkungan yang semakin hari dirasa semakin tambah parah, dan menciptakan lingkungan sehat.
Kami dari Fakultas Teknik UPI YAI mempunyai program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema besar Community Fakultas Teknik UPI YAI PEDULI LINGKUNGAN” yang akan diadakan di Kelurahan Paseban, terdiri dari beberapa sub tema :
  1. Tahap I      : Penyuluhan dengan topik “Rumah dan Lingkungan Sehat” (Tanggal 21 Desember 2010)
  2. Tahap II    : Workshop “Aksi Penanaman di Wilayah Kelurahan Paseban”.
  3. Tahap III    : Penyuluhan “Budaya Hidup Ramah Lingkungan” dan  Workshop “Rumah dan Lingkungan Sehat”
Program Kegiatan tersebut diatas akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dan sasarannya adalah  warga Kelurahan Paseban, mahasiswa dan para siswa SMA.
Adapun untuk tahap awal, kami akan mengadakan Penyuluhan dengan topik “RUMAH DAN LINGKUNGAN SEHAT”
Tujuan dari diadakannya penyuluhan ini adalah sebagai partisipasi dosen dalam menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, dan kepedulian untuk menciptakan Rumah dan Lingkungan Sehat.
Waktu dan tempat pelaksanaan penyuluhan  dilaksanakan  pada,   Selasa, 21 Desember 2010 di ruang Pertemuan Kelurahan Paseban, Kecamatan  Senen, Jakarta Pusat .
Kegiatan berlangsung dengan mendapat perhatian dengan antusias yang cukup tinggi dari warga Kelurahan Paseban, dengan pertanyaan- pertanyaan dari pihak warga yang berkait dengan aspek permasalahn yang dihadapi oleh warga yang meliputi:  kondisi rumahnya, kondisi lingkungan, kondisi permasalahan pergerakan sirkulasi udara, kondisi sistem drainase dan buangan limbah serta standar kelayakan rumah sederhana.
Dokumentasi pelaksanaan kegiatan akan ditampilkan pada gambar berikut ini:
Gambar: Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan tahap pertama.
Dengan memperhatikan animo warga Paseban yang begitu antusias dalam menerima kami, maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan program 2011 yang lain yaitu; program penanaman pohon, penyuluhan  “Budaya Hidup Ramah Lingkungan” dan  Workshop “Rumah dan Lingkungan Sehat”  dan program konsultasi desain gratis tentang rumah sehat, yang secara prinsip telah mendapat dukungan dari Institusi dan pihak kelurahan Paseban.
Akhirnya dengan semangat dosen- dosen muda dari Fakultas Teknik UPI Y.A.I. , kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat luas dalam menjaga hunian dan lingkungannya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Sumber : http://www.dikti.go.id/index.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar