Senin, 19 Desember 2011

Setiap Tahun Lahan Pertanian Alami Penyusutan

Seiring dengan perkembangan jaman, lahan sawah produktif di Kota Blitar semakin berkurang, rata-rata lahan sawah tersebut menjadi  perumahan.
Kondisi ini diakui oleh Adam Bachtiar, Kabid Informasi dan Komunikasi Dinas Pertanian Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya Kamis (15/12). Kondisi lahan sawah produktif untuk tanaman pangan dinilai semakin memprihatinkan. Setiap tahun rata-rata mengalami penyusutan sekitar 10. Hektar. Berdasarkan data terbaru yang ada di Dinas Pertanian hingga bulan November 2011, lahan sawah di Kota Blitar hanya ada 1.130 hektar.

Adam menambahkan, penyusutan lahan sawah ini akibat semakin pesatnya pembangunan fisik atau infrastruktur yang menggunakan lahan sawah. Namun ke depan Dinas Pertanian akan melakukan pengetatan regulasi. Sehingga batas minimum lahan sawah di Kota Blitar 700 hektar.
Sementara itu Syaiful Maarif, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar saat dikonfirmasi terkait kondisi ini mengatakan, pihaknya sangat prihatin dan menyayangkan atas menyusutnya lahan pertanian yang ada di Kota Blitar. Untuk itu pihaknya meminta agar eksekutif membatasi perijinan penggunaan lahan untuk proyek bangunan.

Sumber :
http://blitarkota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar